Theme Preview Rss

"KEGIATAN G 21 H di SD SUMURBOTO"





SEHAT BERKAT  CUCI TANGAN

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa yang senantiasa memberikan bimbingan dan lindungannya, sehingga SD SUMURBOTO dapat melaksanakan pembiasaan cuci tangan.
Pembiasaan cuci tangan ini kita awali dengan persiapan diantaranya : air yang dapat mengalir dari kran, sabun cuci tangan dan handuk bersih. Kemudian guru disetiap kelas menerangkan dan mendemontrasikan dihadapan anak-anak cara mencuci tangan yang baik yaitu dengan cara “5 langkah” langkah pertama basahi tangan, tuangkan sabun dalam tangan, bersihkan sela-sela jari dan kuku kuku serta gosok punggung tangan, bilas dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan dengan handuk bersih.  Maka dengan cuci tangan yang teratur ini anak-anak dapat hidup bersih dan sehat.
Hal ini harus dilakukan oleh anak-anak baik dirumah maupun disekolah pada waktu mandi, makan pagi, makan siang, makan malam, dan sesudah dari kamar mandi harus selalu cuci tangan dengan sabun LIFEBUOY. Allhamdulilah SD SUMURBOTO dengan adanya dukungan bapak ibu guru dan wali murid, kami dapat melaksanakan pembiasaan ini dari tanggal 12 September sampai 24 Oktober 2011 dengan baik. Didalam melaksanakan kegiatan ini tiap kelas dibagi beberapa kelompok untuk menampilkan drama “5 jagoan lifebuoy “dengan menggunakan boneka tangan dan tak ketinggalan dipadukan dengan lagu “7 langkah dalam cuci tangan” sehingga anak-anak sangat antusias dan bergembira. Untuk memberikan apresiasi kepada bapak ibu guru dan anak-anak maka pada waktu upacara hari cuci tangan sedunia diberikan tanda kehormatan berupa pin bagi yang terbaik .

Pembiasaan cuci tangan ini kita awali dengan persiapan diantaranya; cuci tangan menggunakan air yang mengalir dari kran, menggunakan sabun untuk cuci tangan dan mengeringkan tangan dengan handuk bersih.
Kemudian guru disetiap kelas I sampai VI menerangkan dan mendemontrasikan dihadapan anak-anak cara mencuci tangan yang baik yaitu dengan cara “5 langkah” langkah pertama basahi tangan, tuangkan sabun dalam tangan, bersihkan sela-sela jari dan kuku-kuku serta gosok punggung tangan, bilas dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan dengan handuk bersih.  Maka dengan cuci tangan yang teratur ini anak-anak dapat hidup bersih dan sehat. Sekaligus merupakan kebiasaan permanen siswa SD Sumurboto untuk mencuci tangan minimal di lima kegiatan; pagi mandi bersih pakai sabun, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan pagi, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan siang,  cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan malam, serta cuci tangan pakai sabun sesudah dari kamar kecil.
Hal ini harus dilakukan oleh anak-anak baik di rumah maupun disekolah pada waktu mandi, makan pagi, makan siang, makan malam, dan sesudah dari kamar mandi harus selalu cuci tangan dengan sabun LIFEBUOY. Allhamdulilah SD SUMURBOTO dengan adanya dukungan bapak ibu guru dan wali murid, kami dapat melaksanakan pembiasaan ini dari tanggal 12 September sampai 15  Oktober 2011 dengan baik. Didalam melaksanakan kegiatan ini tiap kelas dibagi beberapa kelompok untuk menampilkan drama role playing and puppet “5 jagoan lifebuoy “dengan menggunakan boneka tangan dan tak ketinggalan dipadukan dengan lagu “7 langkah dalam cuci tangan” sehingga anak-anak sangat antusias dan bergembira. Untuk memberikan apresiasi kepada bapak ibu guru dan anak-anak maka pada waktu upacara hari cuci tangan sedunia diberikan tanda kehormatan berupa pin bagi yang terbaik .

Demikian kegiatan cuci tangan di SD SUMURBOTO dan sampai sekarang anak-anak masih tetap melaksanakan pembiasaan cuci tangan dengan sabun baik di sekolah maupun di rumah.

Pesan dan kesan:
Jadikan pembiasaan cuci tangan dengan sabun karena anak akan hidup bersih dan sehat dengan harapan kelak menjasi generasi yang berkualitas sehat jasmani maupun rohani.
Lifebuoy dapat mengadakan event di sekolah-sekolah dengan memberikan hadiah yang menarik bagi anak-anak maupun guru.

 
#easyTooltip{ padding:5px 10px; border:1px solid #EF6D21; background: #181C18; color:#E0EFE0; }